Jul 26, 2013

Perbedaan Kerudung, Jilbab, dan Hijab.

Banyak yang sering salah artikan pengertian kerudung, jilbab, dan hijab. Termasuk saya sebenarnya. Nah, disini saya mencoba menguraikan arti ketiga kta tersebut menurut pemahaman saya. Semoga bermanfaat yah :D

1. Kerudung
Kerudung adalah penutup kepala yang digunakan untuk tidak memerlihatkan rambut dan telinga. Nah, kerudung yang baik adalah yang tidak tipis dan menutupi leher serta dada. Aturan menggunakan kerudung yang baik adalah menutup kepala serta dada dan hanya memerlihatkan muka saja. Jaman sekarang, banyak orang yang menggunakan cepol atau busa agar menyerupai rambut yang disanggul di belakang kepala. Pemakain cepol yang demikian tidak diperbolehkan karena akan menyerupai punuk unta. Jadi, mulai sekarang jangan pakai cepol busa yah, girls ;)

2. Jilbab
Jilbab adalah pakaian yang menutup aurat. Jilbab disini bukan hanya tutup kepala. Tetapi juga sekaligus baju, celana, atau terusan. Banyak orang yang salah mengerti. Sebagian besar orang mengira bahwa jilbab adalah penutup kepala. Pernyataan itu tidak seluruhnya salah, hanya saja kurang tepat. Kerudung adalah penutup kepala. Jilbab adalah pakaian yang menutup aurat. Bagaimana dengan isi lemarimu? Sudahkah menyisihkan baju ketat? Jika sudah berjilbab, yuk kumpulin baju-baju yang tidak membentuk lekuk tubuh. Yang paling baik adalah mengenakan terusan atau rok. "Wah, aku gak suka pakek rok.". Banyak yang mengatakan demikian. Emm, solusinya untuk yang tidak suka pakai rok adalah mengkoleksi celana yang tidak ketat. Celana untuk muslimah sekarang kan banyak modelnya tetapi tetap longgar kan. Yuk belajar pelan-pelan :D

3. Hijab
Hijab adalah pembatas. Nah, pasti pada banyak yang bingung yah arti pembatas itu apa? Sebenarnya saya juga. Dari semua sumber saya baca, banyak yang menyebutkan kata "pembatas" selebihnya tidak bisa saya pahami. Emm, mungkin pengertian dari pembatas disini adalah kita sebagai muslimah bisa menjaga perilaku kita. Membatasi diri dari hal-hal yang negatif dan haram. Mungkin ada yang ingin menambahkan? Just leave a message! ;)

Semoga bermanfaat~

No comments:

Post a Comment