Jun 3, 2013

UN 2013.

Hello Blog Walker! FYI ini blog baru aku. Kenapa bikin blog baru sih, Lun? Gapapa sih. Pengen buka lembar baru aja biar semangat dikit untuk nulis :)
Sebelumnya aku mau berterimakasih sama Bang Alit, karna beliau aku jadi semangat nulis dan mulai berdisiplin dengan jadwal menulis. Thanks Bang!
Untuk postingan pembuka, aku mau bahas tentang UN 2013 yah. Semoga bisa bermanfaat! :)

UN 2013. Gatau kenapa tiap ada yang nyeletuk masalah UN, pasti obrolannya bakal ada seneng, sedih, marah, sebel, dll. Kenapa? Menurut aku sih karna UN di Indonesia dari dulu sampe sekarang gak pernah bisa bener. Disini, aku mau bagi-bagi pengalaman temen-temen, kakak-kakak, dan adek-adek aku yah.

1. Bocoran Soal
... Lebih baik disakiti dengan kejujuran, daripada harus bahagia karna kebohongan...
Bocoran soal? Udah gak asing lagi lah buat kita. Banyak anak SMP dan SMA yang beli jawaban di sana sini. Duh, buat apa sih? Buat dapet nilai bagus tanpa harus belajar tiap malem gitu? Kasihan yang pada belajar bener-bener. Masalahnya, di Indonesia sendiri banyak sekolah-sekolah yang terang-terangan ngasih bocoran soal ke muridnya.Gurunya yang udah sumpah kejujuran pun juga ngasih tuh. Bisa dipertanggung jawabkan gak sumpahnya Bu, Pak?
Kalo menurut aku, para anak remaja sekarang beli jawaban karna banyak hal. Salah satunya karna mindset orang Indonesia yang selalu mementingkan hasil akhir dalam proses belajar. Secara gak langsung, anak-anak pasti akan berusaha mendapatkan nilai semaksimal mungkin bagaimanapun caranya. Seharusnya orang tua yang baik bisa mengubah mindset tersebut. Sebenernya nih ya, jangan bangga dengan nilai bagusmu karna kamu beli kunci jawaban. Nanti waktu udah kerja, jangan kaget juga kalo gak bisa nyontek sana sini, yah :)
Untuk yang udah belajar bener-bener tapi dapet nem jelek? Jangan khawatir ya, Kak, Dek. Tuhan kan gak tidur. Jadi Tuhan tau mana yang bener dan mana yang salah.

2. Kacau Balau Soal
Tahun ini pendistribusian soal ke beberapa daerah di Indonesia kacau balau. Menteri Pendidikan menyalahkan Agen Pencetakkan. Sedangkan Agen Pencetakkan sendiri bilang kalau belum diberi dana untuk mencetak soal-soal UN. Apa yang sebenernya terjadi? Hanya orang-orang tertentu dan Tuhan yang tahu. Dengan adanya kasus ini, pandanganku terhadap pendidikan di Indonesia semakin menurun. Kan jadi kelihatan kalau Kualitasnya rendah. Jangan saling menyalahkan juga lah Pak, Bu. Saling introspeksi diri dan mengembalikkan uang rakyat kan lebih enak kan? Inget! Kami sebagai remaja yang mau lulus bukan kelinci percobaan kalian selamanya! :)

3. LJK Tipis
LJK itu momok terbesar buat aku. Gatau kenapa tetep aja selalu dapet nilai jelek kalau pakek LJK. Sedih? Iya. tapi ya mau gimana lagi. Namanya juga hidup, haha. LJK tipis? Semiskin apa sih Indonesia sampai gak bisa beli kertas dengan kualitas yang bagus? Harus ya masa depan kita berada di LJK tipis kayak gitu? Duh.

Well, it's the end of this post. Singkat? Iya sih, tapi semoga yang baca bisa ikut ngerasain apa yang saya rasain waktu UN SMP yaaah :)
See ya in the next post, xoxo.

1 comment: